Tempat Wisata di Ciwidey

on Kamis, 20 Juni 2013

Kali ini saya akan posting mengenai tempat-tempat wisata di Ciwidey, kota kelahiran saya. Hmm, rasanya sebagai orang ciwidey, tidak pas bila belum posting mengenai tempat-tempat wisata  di ciwidey yang letaknya ada di kawasan Bandung Selatan ini.

Banyak sekali Objek wisata Alam yang bisa ditemui di daerah Ciwidey, terletak di wilayah pegunungan, tentu wisata yang ditawarkan adalah Wisata Alam. Memang Ciwidey belum se-terkenal tempat-tempat lainnya di Wilayah Pulau Jawa, tapi Ciwidey terus berbenah.

Bila kita ketikan keyword “Ciwidey” di Google, pasti banyak membahas tentang tempat wisata.[Tidak percaya, buktikan sendiri] Tentunya Ciwidey layak dijadikan wisata Akhir pekan/Liburan bersama keluarga anda. Hmm, penasaran dengan tempat-tempatnya ?? Lets Check this Out…

Sebelum lanjut, boleh bookmark atau baca juga :

1. Oleh-Oleh Khas Ciwidey di Kampung Warung

Di Kampung Warung, tepatnya sedsudah Hitel dan restiran Sindang Reret anda dapat menemui Oleh-oleh Khas Ciwidey seperti Kalua dan Bandrek, Borondong, dsb.

Toko-toko ini berjajar rapi di sepanjang Jalan Kampung Warung

2. WISATA STRAWBERRY

Hmm, coba bukakan mata anda lebar-lebar, sebagai orang ciwidey, saya akan menjadi Guide perjalanan anda kali ini. Ketika memasuki kota Ciwidey, tentu anda merasakan dinginnya udara Kota Ciwidey, apalagi pada perjalanan sebelumnya anda dapat menemukan jalan-jalan yang dikelilingi oleh gunung.
Begitu memasuki tanjakan demi tanjakan , semakin tinggi daerah yang dicapai anda akan menemui Wisata Buah Strawberry “petik sendiri” yang bisa anda temui di perjalanan. Harganya bervariasi mulai dari 40.000 keatas / kg, tergantung jenis yang anda beli. Di sepanjang perjalanan anda dapat menui spanduk/papan tulisan Strawberry petik sendiri, silahkan mampir untuk deh kalau anda ingin membelinya. Kalau tidak bisa untuk dibawa oleh-oleh untuk keluarga mungkin pada saat anda pulang dari Kota Ciwidey.

3. Bumi Perkemahan RANCAUPAS


Di tempat ini merupakan tempat perkemahan di Ciwidey.
Tempat penangkaran Rusa menambah keindahan wilayah ini.
Anda tahu lagu Vidi Aldiano-Nuansa Bening, kalau saya lihat Video Clipnya rasanya tempatnya mirip seperti di Bumi perkemahan ini.
Fasilitas : Lapangan luas, tempat penangkaran Rusa, Masjid, WC

4. KAWAH Putih[White Crater]


Eksotik, Indah, Kandungan Belerang tertinggi di dunia 2300 meter dari permukaan laut
clip_image001[14] clip_image001[16]clip_image001[18]clip_image001[20]clip_image001[22]clip_image001[24]
Harga Tiket : Kurang Lebih Rp. 7.000
Fasilitas :
¤Area parkir
¤Bungalow
¤Mobil antar jemput
¤Rumah makan
¤Toko souvenir

Deskripsi :

Gunung Patuha, berada kurang lebih 2300 Meter diatas permukaan laut, sebelah selatan kota Bandung, menyimpan suatu misteri dimasa lampau. Masyarakat menganggap Gunung Patuha merupakan kawasan yang angker, mereka menganggap puncak Gunung Patuha dahulu merupakan tempat pertemuan para leluhur Bandung Selatan. Tetapi, misteri yang sudah menjadi turun–temurun itu mulai punah setelah terungkap oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun, yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam pada tahun 1837. Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupa hutan lebat, dipenuhi pohon-pohon kayu jenis lokal, seperti rasamala, saninten, huru, samida, dan lain sebagainya.
Karena rasa penasaran dan ketidakpercayaannya, Junghun terus menembus lebatnya hutan Gunung Patuha. Dan akhirnya dia menemukan suatu danau kawah yang terlihat sangat eksotik, dan sangat indah. Meski sudah ditemukan pada 1837, tapi kawasan ini baru menjadi objek wisata pada 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten.
Setelah memasuki area kawah putih, bukan rasa takut yang akan anda alami, tetapi anda pasti akan terpaku dan terpana begitu melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana menakjubkannya genangan air yang berwarna putih disertai asap yang mengepul diatasnya. Warna air di danau kawah putih tidak selalu berwarna putih, warna putih kawah merupakan warna yang paling ditemui saat berkunjung, terkadang air berwarna hijau apel dan kebiru-biruan, bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu.
Yang kurang menyenangkan di kawasan ini adalah bau belerang yang bagi sebagian orang bisa menyebabkan batuk–batuk karena mencium baunya, bahkan tidak jauh dari kawasan wisata kawah putih terdapat goa buatan sedalam 5 meter yang katanya dulu pernah dijadikan sebagai tambang belerang. Bila anda melewati goa tersebut anda pasti akan mencium bau belerang yang sangat menyengat. Karena kandungan belerang yang sangat tinggi itulah, pada jaman dulu sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Kawah putih terjadi akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi sekitar abad ke 10 s/d abad ke 12. Selain kawah putih juga terdapat kawah lain yang dikenal dengan nama Kawah Saat.
Disana terdapat kios–kios yang menjual aneka cinderamata yang bisa dijadikan sebagai oleh–oleh. Selain itu, juga banyak pedagang yang menjual buah khas Ciwidey, yaitu Strawberry.
Bulan Juli Agustus temperature bisa turun serendah 10 C pada siang hari dan 5 C pada malam hari.
Sangat disayangkan bila anda berwisata ke Ciwidey tidak singgah ke Kawah Putih, anda akan melewatkan tempat yang memberikan nuansa alam yang sangat menakjubkan. Terutama pada hari libur, disana anda akan melihat banyaknya orang yang berkunjung ke kawasan wisata ini untuk menikmati betapa indahnya lukisan yang pencipta. Keindahan yang ditampakkan akan membuat anda terus mengingatnya hingga beberapa waktu.

Cara Mencapai Kawasan Wisata Kawah Putih
Wisata Kawah Putih yang terletak kurang lebih 46 km dari kota Bandung bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bila anda menggunakan kendaraan umum anda tidak perlu khawatir, disana terdapat angkutan yang akan mengantar anda sampai ke area wisata Kawah Putih. Atau anda juga bisa berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor bersama teman – teman anda.

5. Air PANAS CIMANGGU


Tiket : < dari 10.000/orang (7.500)
[maaf tidak memberikan harga pasti karena harga tiket terus mengalami penyesuaian]
clip_image001[30]clip_image001[32]clip_image001[34]clip_image001[36]clip_image001[38]clip_image001[40]
Fasilitas :
¤Area parkir
¤Bungalow
¤MCK
¤Mushola
¤Kolam renang
¤Outbond training
¤Area bermain anak
¤Toko makanan dan minuman
Deskripsi :
Ciwidey merupakan daerah yang kaya dengan sumber air panas, salah satu diantaranya adalah Kolam Air Panas Cimanggu yang dimanfaatkan oleh Perum Perhutani sebagai area wisata. Cimanggu yang memiliki luas mencapai 154 ha termasuk dalam wilayah desa Rancabali, kecamatan Ciwidey. Jika kita akan berwisata ke Rancaupas atau Situ Patengan, anda pasti akan melewati kawasan Kolam Air Panas Cimanggu.
Setelah kita lelah berkeliling ke tempat wisata yang lain, ada baiknya kita berkunjung ke Kolam Air Panas Cimanggu. Dengan mengunjungi lokasi wisata ini, maka kita dapat melepas lelah dengan berendam di kolam air panas yang ada. Kolam air panas di Cimanggu dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah kolam untuk umum, kolam ini seperti kolam renang pada umumnya, yang membedakan adalah air yang ada di kolam Cimanggu merupakan air panas yang bersumber langsung dari Gunung Patuha. Yang kedua adalah kamar VIP, disini disediakan bak mandi untuk berendam, jadi kita menikmati hawa hangat dengan tenang dan bisa bermanja–manja dengan tubuh kita.
Fasilitas yang tersedia untuk mendukung lokasi wisata Cimanggu ini selain kolam air panas tersedia juga tempat parkir yang luas, Arena bermain anak-anak, Kolam renang air panas alam, MCK dan WC Umum, Mushola, dan Warung penjual Makanan ringan dan minuman. Fasilitas lain yang disediakan adalah arena outbond training.
Lokasi ini tidak hanya ramai di siang hari, tetapi pada malam hari-pun lokasi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Mereka yang datang di malam hari selain ingin menikmati suasana malam hari di Cimanggu, juga biasanya untuk berkemah di bumi perkemahan Rancaupas yang tidak jauh dari lokasi wisata Cimanggu ini.
Cottage di Cimanggu, 4 cottage, masing² 1 rtamu, 1kmandi, 1ktidur, 1krendam sekitar 500ribu-an/malam. Kolam renang publik bayar lagi.
6. Air Panas RancaWalini [ ci Walini ]
Tiket  7.500
clip_image001[60]

Snapshot pemandangan dari Walini
Dari Bandung, Jawa Barat, kawasan ini berjarak sekitar 35 kilometer. Terletak di kaki Gunung Patuha, di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, obyek wisata ini cukup sejuk serta menyajikan pemandangan alam yang indah dan eksotik.
Kantor perkebunan Ciwalini ini berpusat di Jalan Sindang Sirna, Bandung. Jika datang ke obyek wisata sumber air panas Ciwalini, para pengunjung akan diberi satu sachet teh celup Walini.
Ci Walini sama halnya seperti Air Panas Cimanggu, namun kualitas air disini lebih baik, namun fasilitas tidak selengkap di Air Panas Cimanggu

7. Situ Patengan


clip_image001[42]
clip_image001[44]clip_image001[46]clip_image001[48]clip_image001[50]
clip_image001[52]

Harga Tiket : Kurang lebih Rp 8.000
Fasilitas :
¤Area parkir
¤MCK
¤Mushola
¤Toko Souvenir
¤Rumah makan
¤Perahu
¤Tempat duduk
Deskripsi :
Situ Patengan atau yang lebih populer di dengar orang dengan nama Situ Patenggang merupakan suatu legenda romantis di zaman dahulu kala. Setelah memasuki gerbang Situ Patengan, kita akan melewati perkebunan teh yang menghijau. Dan tidak jauh kedepan, kita akan melihat hamparan air yang sangat banyak dengan keindahan alam yang menawan. Kesegaran dan kesejukan menambah kenyamanan kita di area wisata Situ Patengan.
Rasa lelah yang dirasakan pada saat melakukan perjalanan ke lokasi wisata ini senantiasa akan hilang begitu sampai ke lokasi wisata Situ Patengan. Hamparan air yang luas, dengan sentuhan kabut tipis yang menggantung diatasnya, menambah indahnya suasana Situ (danau). Dengan melihat tenangnya air danau, segarnya udara yang kita hirup, dan sejuknya suasana danau akan membuat kita merasa damai dan bisa melupakan sejenak kepenatan dan stress yang sedang dihadapi.
Selain bisa menikmati pemandangan dari pinggir danau, kita juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau, terutama mengunjungi pulau yang menjadi pelengkap legenda Situ Patengan. Pulau Asmara dan Batu Cinta merupakan lokasi yang menjadi tujuan para wisatawan. Konon menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang membuat wisatawan menjadi penasaran.
Kurang lengkap rasanya bila kita berkunjung ke lokasi wisata ini tanpa membeli cinderamata sebagai oleh–oleh atau sekedar untuk mengingatkan bahwa kita pernah mengunjungi lokasi wisata Situ Patengan. Kita tidak perlu bersusah payah untuk bisa mendapatkan cinderamata, karena didalam lokasi wisata banyak terdapat toko–toko yang menyediakan berbagai macam cinderamata. Situ Patengan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, hingga rumah makan. Selain itu, bila kita membawa bekal sendiri, kita juga bisa menyewa tikar yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Patenggang dan juga bersantap siang.
Cottage di Walini, Vila Walini (PTPN) 1 rkeluarga, 1krendam+kmandi, 6 ktidur, kolam air panas private di halaman vila harga 1,5 - 2,5jt/malam.

8. Perkebunan Teh RANCABALI



clip_image001[54]
Tiket : Free alias Gratis
Lokasi :
Ciwidey
Deskripsi :
Perkebunan Rancabali terletak di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, 18 Km ke arah selatan atau 50 Km dari Bandung. Daerah ini terletak di ketinggian, 1628 m diatas permukaan laut. Rancabali memiliki 2 komoditi usaha, yaitu Teh dan Kita dengan areal produktif seluas 1550 Ha berada di kaki Gunung Patuha. Perkebunan Rancabali memiliki dua buah pabrik, Pabrik teh Orthodoks dan CTC.
« ¤ »
Di kawasan perkebunan ini, terdapat beberapa objek wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat kunjungan, diantaranya :
1. Lingkungan Perkebunan
· Hamparan permadanai hijau areal kebun teh
· Pabrik teh
· Tatanan kehidupan masyarakat desa yang maju dan asri, bebas dari polusi
2. Situ Patengan
3. Kolam renang air panas Walini
4. Tempat peristirahatan
· Vila
· Cottage
· Sarana Olahraga, kesenian

Ranking: 5

Perhatian :

Anda sedang membaca Artikel tentang Tempat Wisata di Ciwidey ndan anda bisa menemukan Artikel Tempat Wisata di Ciwidey ini dengan URL http://www.wisatakeciwidey.com/2013/06/tempat-wisata-di-ciwidey.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Tempat Wisata di Ciwidey Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Tempat Wisata di Ciwidey ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Tempat Wisata di Ciwidey sebagai Sumbernya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

 
© Wisata Ke Ciwidey All Rights Reserved